Beginilah 3 Tahapan Mudah Menuju Rumah Minim Sampah

Ini pemilahanku.. Mana pemilahanmu?

CEGAH, PILAH dan OLAH (3-AH)

Oleh : DK Wardhani
@dkwardhani

Ini pemilahanku.. Mana pemilahanmu? ūüėä

Akhirnya melengkapi kotak pemilahan dengan penanda limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya).

Silakan unduh di link bio instagram @rinintya.design (*bisa di KLIK)

Salah satu anggapan yang keliru dalam pengolahan sisa anorganik ini adalah ngapain capek milah sama pak petugas kebersihan (saya tidak akan menyebutnya tukang sampah) toh akhirnya dicampur. Yaaah.. Ya iya kalau dibrukin tong di depan rumah. Tujuan memilah kan kemudian diolah.

Silakan unduh gambar ini untuk ditempelkan di tempat sampah di rumah untuk memudahkan pilah dan olah. Atau sebagai coloring sheet untuk pengenalan jenis sampah untuk anak. Ayuk bikin gak perlu tempat sampah fancy kok.

Untuk yang baru memulai¬†#belajarzerowaste¬†Saya sarankan PAHAM dulu KEMANA PERGINYA “sampah” kita tersebut? Kenapa kita harus peduli dan apa dampaknya jika tidak diolah?* Setelah itu lakukan tahapan berikut.

Pertama, mulailah dengan CEGAH ALIAS TOLAK.. Ya jangan mau ada barang yang berpotensi jadi sampah.. masuk rumah. Jadi tolaklah kresek, sedotan, botol plastik sekali pakai.. Dan GANTI dengan tas belanja, tumblr, wadah/food container yang dapat digunakan berkali-kali.

Kedua, OLAH bahan-bahan sisa baik organik dan anorganik. Kami berusaha tidak menyebutnya sebagai sampah karena sampah berkonotasi bahan tersebut sudah tidak bisa diapa-apakan dan tak berguna. PENTING untuk punya KOMPOSTER di rumah untuk semua bahan sisa organik. Silakan klik #kompostergerabah di IG Ada tutorialnya.

Ketiga, Siapkan tempat tersendiri untuk tiap kategori (lihat gambar) kemudian PILAH. Kalau sudah dipilah-pilah, kita bisa mendaftar menjadi anggota bank sampah atau donasikan (banyak sekali rumah baca atau komunitas yang menerima bahan sisa anorganik)

contohnya @sekolahkertas @ruangbelajaraqil_id  @banksampahmalang cari yang terdekat dengan domisili teman-teman. Bisa diserahkan dengan wadah kardus, atau ikat dengan tali. Jadi gak butuh kresek.

Nah.. InsyaAllah dengan 3 hal itu tadi rumah kita akan bisa minim sampah.
.
#pilahsampah #rumahtanpasampah#plasticfreejuly #cegahpilaholah#kotatanpasampah

Profil Penulis

DK Wardhani (Dini) | Malang | Penulis buku anak | Sosialpreneur | Homeschooler | Founder Sahabat Alam Cilik | Founder kelas #belajarzerowaste | Alumni arsitektur ITB  

Pernah menjadi dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya Malang (2008-2017) 

www.capungmungil.weebly.com 

Fanpage : DK. Wardhani | Instagram : @dkwardhani 

Gaya Hidup Zero Waste?
ZEROWASTE IS NOT RECYCLING MORE but LESS (Bea Johnson from @zerowastehome) Menggunakan sikat gigi bambu adalah upaya mengurangi sampah akibat pemakaian sikat gigi plastik. Sikat gigi plastik merupakan salah satu sampah plastik yang banyak digunakan sekali pakai,
Baca
Seperti Apa Zero Waste Event itu?
Alam selalu memberikan bahasa untuk kita pahami. Belajar memahami bahasa Alam bukan perkara mudah, tapi bisa dipelajari. Salah satu keluarga yang ingin berbagi bagaimana mereka mengikat hati dengan alam adalah Sahabat Alam Cilik.
Baca
Coming Soon
Mempersembahkan sebuah buku yang akan mengajak kita semua mewujudkan cita-cita RUMAH MINIM SAMPAH. Akan membantu menyelamatkan bumi dimulai dari lingkungan terkecil : RUMAH.
Lihat

Copyright ¬© 2018 minimsampah.com – Pustaka RMA