Gaya Hidup Zero Waste

ZEROWASTE IS NOT RECYCLING MORE but LESS

ZEROWASTE IS NOT RECYCLING MORE but LESS (Bea Johnson from @zerowastehome)

Menggunakan sikat gigi bambu adalah upaya mengurangi sampah akibat pemakaian sikat gigi plastik. Sikat gigi plastik merupakan salah satu sampah plastik yang banyak digunakan sekali pakai, terbuat dari plastik keras dan sangat jarang dimanfaatkan kembali. Yang krem itu lebih murah daripada yang hitam, beda serat.

Artikel dari @zerowaste.id ini bagus untuk dicermati.
.
Zero waste menantang kita semua untuk mengevaluasi gaya hidup kita dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak negatif terhadap lingkungan. Kenyamanan yang berbentuk dengan produk murah, material yang tidak bisa didaur ulang merusak planet kita. Bea Johnson dari Zero Waste Home mempopulerkan 5 R ini: “Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, Rot” atau di dalam bahasa indonesia “Menolak, Mengurangi, Menggunakan Kembali, Daur Ulang, Membusukkan.”. 5R ini menjadi pegangan untuk mengarah kepada gaya hidup tanpa limbah sehingga dapat menciptakan lebih sedikit limbah dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.
.
Ada miskonsepsi mengenai zero waste dan recycle. Banyak yang mengira bahwa recycle sebanyak-banyaknya adalah cara yang tepat untuk mencapai zero waste. Kebanyakan orang juga fokus untuk memisah sampah daripada mengurangi sampahnya. Recycle memerlukan energi untuk memproses. Proses ini tergantung pada terlalu banyak variabel untuk menjadi solusi yang baik.
.
Jadi zerowaste itu tidak hanya mengenai recycle atau mendaur ulang. Ini miskonsepsi yang umumnya terjadi. Padahal sebenernya zero waste itu dimulai dari Refuse, Reduce, and Reuse. Termasuk dalam Reuse adalah Replace dan Repair. Saat benar-benar sudah tidak memungkinkan untuk 3 hal tadi, baru dilakukan Recycle dan Rot. .

Sumber kutipan: https://zerowaste.id/knowledge/what-is-zero-waste-anyway/
.
#belajarzerowaste #sikatgigibambu#bambootoothbrush

Profil Penulis

DK Wardhani (Dini) | Malang | Penulis buku anak | Sosialpreneur | Homeschooler | Founder Sahabat Alam Cilik | Founder kelas #belajarzerowaste | Alumni arsitektur ITB  

Pernah menjadi dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya Malang (2008-2017) 

www.capungmungil.weebly.com 

Fanpage : DK. Wardhani | Instagram : @dkwardhani 

Beginilah 3 tahapan Mudah Menuju Minim Sampah
Salah satu anggapan yang keliru dalam pengolahan sisa anorganik ini adalah ngapain capek milah sama pak petugas kebersihan (saya tidak akan menyebutnya tukang sampah) toh akhirnya dicampur. Yaaah.. Ya iya kalau dibrukin tong di depan rumah. Tujuan memilah kan kemudian diolah. Silakan unduh gambar ini untuk ditempelkan...
Baca
Seperti Apa Zero Waste Event Itu?
Alam selalu memberikan bahasa untuk kita pahami. Belajar memahami bahasa Alam bukan perkara mudah, tapi bisa dipelajari. Salah satu keluarga yang ingin berbagi bagaimana mereka mengikat hati dengan alam adalah Sahabat Alam Cilik.
Baca

Copyright © 2018 minimsampah.com – Pustaka RMA