Seperti Apa Zero Waste Event Itu?

Rangkuman Acara PLAYDATE bersama Sahabat Alam Cilik

                                                     PLAYDATE bersama Sahabat Alam Cilik

“Belajar bersama Keluarga Pembelajar”

Alam selalu memberikan bahasa untuk kita pahami. Belajar memahami bahasa Alam bukan perkara mudah, tapi bisa dipelajari. Salah satu keluarga yang ingin berbagi bagaimana mereka mengikat hati dengan alam adalah Sahabat Alam Cilik.

Alhamdulillah, telah terlaksana serangkaian acara Playdate bersama Sahabat Alam Cilik. Rangkaian acara dimulai sejak hari Sabtu tanggal 14 Juli 2018 dengan tema belajar persampahan, dan acara inti playdate pada hari Ahad tanggal 15 Juli 2018.

🍃 Siapakah Sahabat Alam Cilik?

Dian Kusumawardhani atau yang lebih dikenal dengan DK Wardhani adalah nama sang Bunda. Inisiator keluarga ini menjadi pecinta lingkungan. Ditanganya ada banyak karya yang sudah ditorehkan. Baik itu berupa karya publikasi (buku) maupun karya nyata untuk mencintai bumi salah satunya melalui program zero waste.

Bapak Ario, Ayah Radit & Keni. Sang nahkoda dalam keluarga yang sangat berperan dalam setiap langkah istri, sekaligus kepala sekolah bagi Radit dan Keni.

Radit dan Keni si kembar penuh prestasi. Pada usianya yang masih dini, sudah mengambil peran dalam kehidupan melalui proyek-proyek yang dijalankan mereka sebagai bagian dari aktivitas homeschooling .

🍃 Menuju Zero Waste

Kegiatan diskusi ini mengawali rangkaian acara Playdate bersama Sahabat Alam Cilik. Belajar persampahan dan bagaimana untuk memulai gaya hidup zero waste, bersama founder #belajarzerowaste bunda DK. Wardhani.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 14 Juli 2018, jam 16.00-19.00 WIB, bertempat di rumah Bunda Hepi (Jl. Jagung no. 14 Perumdin Petrokimia Gresik).

Dihadiri oleh para peserta playdate, baik dari Rumbel Playdate Gresik dan member IP Surabaya Raya.

🍃 Project Based Learning

Tema besar yang kami angkat dalam sesi diskusi bersama Keluarga Sahabat Alam Cilik. Menyimak presentasi dari Keni dan Radit tentang dunia project mereka, sekaligus menimba ilmu dari para fasilitatornya yaitu Bunda DK. Wardhani dan Ayah Ario.

Kegiatan diskusi ini dilaksanakan pada hari Ahad, 15 Juli 2018, jam 08.00-11.30 WIB, bertempat di Komplek Masjid Islamic Center GKB (Jl. Tanjung Wira VI GKB Gresik).

🍃 Playdate Zero Waste

Saat bunda fokus dalam diskusi PBL (project based learning), para ayah dan anak bermain bersama dengan tema zero waste.

Dipandu oleh Ayah Ario, kegiatan Daddy’s Day Out ini mencakup permainan Sampah Berantai, dan juga kreasi Ecobrick.

Ayah dan Anak belajar bersama tentang pemilahan sampah dan pemanfaatan sampah dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Kegiatan playdate ini diikuti oleh 30 keluarga, sebagian besar hadir lengkap bersama sang ayah.

♻ ZERO WASTE Event

Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan ini, kami berusaha menerapkan Zero Waste Event dalam segala aspek teknisnya.

• Registrasi Online
Saat sesi registrasi peserta hanya menunjukkan QRcode yang telah diberikan panitia di hari sebelumnya, sehingga registrasi ini sama sekali tidak memerlukan selembar kertas pun. Sistem ini selain ramah lingkungan, juga cukup menghemat waktu.
• Potluck
Peserta diminta membawa kudapan sendiri dengan wadah reusable dan minim sampah.
• Bawa Botol Minummu Sendiri!
Membudayakan untuk selalu sedia botol minum dalam tas. Panitia hanya menyediakan galon air mineral untuk isi ulang air minum.
• Tempat Sampah sesuai Kategori
Menyediakan tempat sampah yang disesuaikan dengan kategori pemilahan sampah.

~~~~~~~~
RUMBEL PLAYDATE GRESIK
IP SURABAYA RAYA

Profil Penulis

DK Wardhani (Dini) | Malang | Penulis buku anak | Sosialpreneur | Homeschooler | Founder Sahabat Alam Cilik | Founder kelas #belajarzerowaste | Alumni arsitektur ITB  

Pernah menjadi dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya Malang (2008-2017) 

www.capungmungil.weebly.com 

Fanpage : DK. Wardhani | Instagram : @dkwardhani 

Beginilah 3 Tahapan Mudah Menuju Rumah Minim Sampah
Salah satu anggapan yang keliru dalam pengolahan sisa anorganik ini adalah ngapain capek milah sama pak petugas kebersihan (saya tidak akan menyebutnya tukang sampah) toh akhirnya dicampur. Yaaah.. Ya iya kalau dibrukin tong di depan rumah. Tujuan memilah kan kemudian diolah. Silakan unduh gambar ini untuk ditempelkan...
Baca
Gaya Hidup Zero Waste?
ZEROWASTE IS NOT RECYCLING MORE but LESS (Bea Johnson from @zerowastehome) Menggunakan sikat gigi bambu adalah upaya mengurangi sampah akibat pemakaian sikat gigi plastik. Sikat gigi plastik merupakan salah satu sampah plastik yang banyak digunakan sekali pakai,
Baca

Copyright © 2018 minimsampah.com – Pustaka RMA