Mulai Menabung Uang Saat Remaja

Mulai Menabung Uang Saat Remaja

Mulai Menabung Uang Saat Remaja

Ada banyak keuntungan untuk mulai menabung sejak dini. Menyimpan uang dapat membantu Anda mengembangkan kebiasaan baik, dan semakin cepat uang ditabung, semakin cepat pula bunga yang dihasilkan dari uang yang ditabung. Anda dapat menggunakan tabungan Anda untuk membayar biaya sekolah, membeli produk khusus, atau terus menabung sampai Anda dewasa untuk membayar uang muka mobil atau rumah pertama Anda.

Menyimpan uang itu sederhana, tetapi tidak mudah. Keterampilan manajemen keuangan Anda harus mencakup kemampuan untuk menahan keinginan untuk membuang-buang uang, memperoleh taktik penghematan yang kuat, dan menerima tanggung jawab pribadi.

Menyatukan Sistem Tabungan

Ambil empat botol / toples. Anda harus memiliki struktur untuk membantu Anda terbiasa dengan budaya menabung. Anda dapat menggunakan empat toples untuk mengatur uang Anda dan memutuskan bagaimana uang itu akan dibelanjakan. Tanyakan kepada orang tua Anda apakah mereka memiliki empat toples yang tidak lagi digunakan.

Jika Anda tidak memiliki toples, Anda bisa menggantinya dengan empat kaleng soda kosong. Kaleng Coke harus cukup besar untuk menampung koin, atau lubang harus dilubangi di sisi kaleng dengan gunting. Mintalah bantuan ibu atau ayah Anda.

Setiap toples harus diberi label. Sebagai bagian dari metode ini, empat toples akan diberi label dengan label berikut, yang menunjukkan tujuannya: “Disimpan”, “Bekas”, “Disumbangkan”, dan “Dikembangkan”. Ketika Anda mendapatkan uang, Anda dapat memutuskan berapa banyak uang yang dibagikan ke setiap toples berdasarkan berapa banyak uang yang Anda miliki. Setiap label pada toples memiliki arti yang berbeda:

  • Guci ini harus diisi dengan uang yang tidak akan digunakan segera atau dalam waktu dekat. Manfaatkan toples ini untuk menghemat uang untuk membeli produk besar seperti sepeda atau konsol video game di masa depan.
  • Isi toples ini dengan uang yang dapat Anda gunakan setiap hari atau yang dapat Anda gunakan untuk membeli apa pun yang ingin Anda beli minggu depan.
  • Isi toples dengan uang yang ingin Anda sumbangkan untuk tujuan baik atau berikan kepada seseorang yang lebih membutuhkannya.
  • Isi toples ini dengan uang yang akan diinvestasikan dalam rekening tabungan dari waktu ke waktu, memungkinkan bunga bertambah seiring dengan bertambahnya saldo rekening.

Hiasi toples dengan pita dan hiasan lainnya. Jika Anda ingin menabung lebih menyenangkan, coba hiasi toples Anda dengan gambar-gambar yang memotivasi Anda. Gunting foto-foto dari majalah lama dan rekatkan pada stoples untuk membuat pajangan dekoratif. Pastikan Anda mendapatkan bantuan orang tua Anda dalam memotong dan menempelkan gambar majalah ke dalam stoples.

Misalnya, Anda dapat menempatkan foto sepeda di toples “Disimpan” dan gambar orang yang membantu orang lain di toples “Sumbangan” untuk menunjukkan dukungan Anda kepada orang lain.

Manfaatkan toples ini untuk membantu Anda memutuskan bagaimana membelanjakan uang Anda. Hitung jumlah uang yang Anda terima dan bagilah di antara empat toples Anda setiap kali Anda menerimanya. Contoh: Jika Anda menerima Rp. 40.000, Anda harus menyisihkan Rp. 10.000 untuk setiap toples, dan Anda harus memasukkan Rp. 10.000 untuk seluruh kelompok (setiap orang). Semuanya ada di tangan Anda!

Saat membagi uang Anda menjadi empat stoples, ingatlah bahwa tujuan akhir Anda adalah menghemat uang. Ingat, semakin banyak uang yang Anda simpan, semakin dekat Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Mengembangkan Tujuan dan Kebiasaan

Pertimbangkan apa yang ingin Anda lakukan dengan uang yang telah Anda simpan. Salah satu alasan utama mengapa banyak orang gagal mencapai tujuan keuangan mereka atau gagal menabung adalah karena mereka tidak mengerti apa yang harus dilakukan dengan uang mereka. Apakah Anda ingin mengejar gelar di universitas? Mempertimbangkan untuk membeli laptop? Apakah Anda di pasar untuk mobil? Mengidentifikasi apa yang ingin Anda lakukan dengan uang yang Anda terima adalah langkah pertama dalam menabung untuk masa depan.

Jika Anda mengalami kesulitan memutuskan bagaimana membelanjakan uang Anda, mintalah nasihat dari seseorang yang Anda kenal, seperti orang tua dan teman dekat Anda. Brainstorming dengan orang lain dapat membantu dalam definisi pikiran Anda serta revitalisasi impian dan tujuan Anda.

Buatlah target untuk tabungan Anda. Mengikuti keputusan Anda tentang cara menggunakan tabungan Anda, cari tahu berapa banyak uang yang harus Anda sisihkan setiap minggu atau bulan untuk mencapai tujuan Anda (tergantung pada berapa kali Anda menerima uang, gaji Anda, atau sumber pendapatan lain).

Aturan dasarnya adalah menyisihkan Rp 10.000 untuk setiap Rp 30.000 tunai yang Anda dapatkan. Menyimpan sepertiga dari gaji Anda mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan nilai uang Anda. Menyimpan sepertiga dari pendapatan adalah salah satu taktik penghematan uang paling efektif yang pernah dibuat. Anda akan menjadi terbiasa begitu Anda mulai.

Baca Juga:

Leave a Reply